Sunday, June 10, 2012

Samsung Galaxy Ace : Ponsel Android Kelas Menengah Kebawah

Tahun lalu Samsung telah meluncurkan gadget untuk kelas menengah ke bawah yaitu samsung Galaxy Ace (S5830) untuk kelas smartphone berbasis android. Tidak seperti samsung galaxy S III yang menyasar kelas menengah keatas galaxy Ace dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau kalangan bawah yakni kisaran 2 jutaan. 
samsung galaxy ace

Samsung mengusung Samsung Galaxy Ace sebagai ponsel Android kelas menengah sebagai penerus Galaxy Spica yang sukses sebelumnya. Untuk android kelas menengah, galaxy Ace menawarkan spesifikasi yang cukup lumayan, prosesor dengan speed 800 MHz termasuk tinggi untuk kecepatan rata-rata device android di kelas menengah.Tidak berbeda jauh dengan Galaxy SIII sebagai gadget yang diusung untuk kelas middle up atau di kelas premium mengunakan prosesor 1GHz Hummingbird.

Software Android versi 2.2.1 (Froyo dengan update terbaru) secara default terpasang pada samsung galaxy ace  yg tentunya semakin membuat performa ponsel ini semakin optimal. Bukan hanya itu ponsel ini juga dilengkapi dengan adanya GPU Adreno 200 yang khusus menjalankan proses-proses yang berkaitan dengan game dan grafis secara terpisah sehingga prosesor bekerja sendirian dan tidak terlalu berat saat menjalankan game. Hal ini membuat user dapat memainkan game 3D di Galaxy Ace menjadi sangat menyenangkan.
varian samsung galaxy ace

Samsung menggunakan TouchWiz 3.0 sebagai user interface Android Froyo ini. Untuk layar display gadget ini memiliki 16 juta warna dengan capacitive touchscreen sebesar 3,5″ yg responsif serta mendukung multi-touch dan kinetic scrolling. Walaupun dari sisi resolusi layar tergolong rendah yakni HVGA (320×480), namun masih tetep nyaman untuk dilihat di layar 3,5″. Malah hal tersebut merupakan benefit tersendiri karena dengan resolusi optimal yang tidak terlalu besar, maka kinerja GPU bisa maksimal dibanding device lain yang mengenakan resolusi lebih tinggi dengan GPU yang sama.

Untuk jaringan juga tidak kalah kencengnya. Dengan jaringan 3G HSDPA, Bluetooth 2.1 & dukungan Wi-Fi yg sanggup untuk melakukan Wi-Fi Tethering yakni dapat sharing koneksi internet 3G-nya ke perangkat lain melalui Wi-Fi. 

Berbeda dengan Galaxy S III yang mengusung teknologi khusus seperti AMOLED Untuk soal kejernihan gambar, ponsel ini tidak  menggunakan teknologi tersebut. Sehingga gambar yg nampak tidak terlalu istimewa. Sedangkan kamera yang tertanam di Samsung Galaxy Ace ini cukup baik, dgn resolusi sebesar 5 MP ditambah lampu flash untuk membantu meng "capture" gambar dalam kegelapan atau malam hari. Pun kelengkapan menu & fitur dalam aplikasi pengambil gambar/video tergolong cukup baik.

Untuk baterai memang cukup boros dibanding smartphone lain seperti blackberry misalnya. Dengan Lithium Ion 1350 mAh yang digunakan hanya cukup untuk penggunaan normal selama 1 atau 2 hari saja. Namun hal ini dimaklumi karena spesifikasi yang tinggi pada biasanya menuntut penggunaan power yang tinggi pula. Smartphone seperti ini harusnya sudah menggunakan   baterai sebesar 1500 mAh seperti yang dilakukan LG Optimus One, kompetitornya.
display samsung galaxy ace

Untuk pengetikan dengan teknologi touch screen kadang kala mengetik sms atau email menjadi agak ribet bagi yang belum terbiasa. Namun hal itu ditutupi dengan adanya fitur swype dalam opsi input penulisan, dapat memudahkan pengguna dalam menulis. Dengan hanya menggeser jari dari huruf ke huruf, otomatis akan merangkai sebuah kalimat, tanpa perlu memencet satu persatu tombol virtualnya.Teknologi lainnya yg diusung ialah adanya GPS dgn digital compass beserta dukungan Assisted GPS, Radio FM, sharing DLNA & sensor accelerometer.

jadi kesimpulanya untuk pengguna menengah kebawah Samsung Galaxy Ace adalah ponsel Android keren dan powerful yang juga seimbang antara fitur & harganya pas buat kantong kebanyakan orang Indonesia.. ........silahkan membelinya kalau tidak percaya he he.... jangan lupa liat pula iPAD 3 dari aplle ya

0 komentar:

Post a Comment