Monday, March 12, 2012

Kony,Joseph Kony sudahkah anda mengenalnya?

Dengan tulisan ini mungkin Anda akan berpikir saya sedikit ngotot agar tulisan ini dibaca oleh banyak orang. Kalau Anda berpikir demikian, maka Anda sama sekali tidak salah. Kali ini tidak ada hubunganya dengan BBM. Tujuan saya menerbitkan tulisan ini adalah supaya kita semua mengenal siapa itu Kony,joseph Kony? Siapakah dia? Dan mengapa kita semua perlu mengenalnya lebih dalam? silahkan lanjutkan membaca apabila anda termasuk orang yang berempati tinggi dan memiliki rasa peduli terhadap sesama.



Kony atau nama lengkapnya Joseph Kony ialah seorang leader dari Lord’s Resistance Army. Kelompok ini perkerjaan utamanya adalah menculik anak-anak di Uganda. untuk yang laki-laki akan dipaksa untuk menjadi bagian dari tentara mereka dan membunuh orang-orang bahkan orang tua mereka sendiri. Sedangkan perempuan akan menjadi budak nafsu bejat  mereka, bahkan dijadikan budak seumur hidup. Bagi siapa pun yang tidak menuruti perintah akan langsung dibunuh.

Kany melakukan itu semua tanpa dukungan dari siapa pun dan semata-mata untuk memperkuat gerakan yang Ia pimpin yang bertujuan untuk  mendirikan pemerintah teokratik berdasarkan Kristen di Uganda, berlandas kan kitab suci dan Sepuluh Perintah Allah. Padahal praktiknya perilaku mereka jelas jelas bertentangan dengan kitab suci dan Sepuluh Perintah Allah dalam agama kristen. Teror ini sudah berlangsung selama 25tahun dan lebih dari 20000 anak telah menjadi korbannya. sudah sekian lama penderitaan anak anak uganda ini. Tapi hingga saat ini, Kony yang merupakan orang pertama yang masuk dalam daftar Mahkamah Kriminal Internasional pada trahun 2005 dalam kasusnya yang berupa penculikan, pemerkosaan, pembunuhan dan penjahat peperangan terhadap kemanusiaan belum juga mendapat hukuman dan masih berkeliaran bebas di luar sana.

Adalah Amerika Serikat,negara nun jauh disana dari Uganda sekelompok anak muda yang sudah lebih dulu menyuarakan tentang     penangkapan Kony. Bertahun-tahun mereka berjuang, mengumpulkan massa dan saat ini sudah puluhan ribu bahkan berjuta orang yang turut serta dalam dukungan “Make Kony Famous”. Dukungan ini dibuat sama sekali bukan untuk merayakan. Namun untuk melacak keberadaan Kony, dibutuhkan teknologi dan kemampuan Pemerintah US, oleh karena itu pemerintah Amerika Serikat harus mendapat kepastian bahwa masyarakat dunia menginginkan Kony untuk ditangkap. Maka dibuatlah gerakan “Make Kony Famous” agar masyarakat dunia mengenal Kony serta turut mendesak pemerintah US untuk segera mengambil tindakan.

Apa yang dapat kita lakukan adalah sederhana. Mari kita turut menyuarakan tentang keberadaan Kony dan segala kejahatan terhadap kemanusiaan yang telah Ia perbuat.  Kita bisa membuat poster atau menyebarkan berita melalui media sosial. Apa saja yang kita lakukan sangatlah berharga, bukan hanya untuk saudara-saudara kita di Uganda namun demi keamanan dan kebersamaan sebagai masyarakat dunia yang saling melindungi. Video lebih jelas tentang Joseph Kony bahkan korban kejahatannya dan seorang pemuda sebagai penggerak kebersamaan ini dapat Anda tonton di video dibawah ini:




silahkan bagi anda yang peduli untuk ikut serta menyebar luaskan informasi ini

0 komentar:

Post a Comment