Thursday, May 17, 2012

Tinjaun Awam Tentang Blackberry Bold 9900 Dakota

Dari pada membahas BBM yang mau naik terus mending ngebahas teknologi yang bisa dibuat BBM an yakni blackberry 9900. Perhatian: Tinjauan atau review ini dilakukan oleh orang awam, bukan gadget mania. Jadi ya tentunya reviewnya gak bisa dibandingin juga sama reviewnya Majalah gadget atau ahli teknologi lainya. Pokoknya Reviewnya orang biasa. Jadi kalo mau tinjauan professional ya mohon cari sendiri saja di majalah atau toko-toko BB he he

Kesan fisik: seperti cowok yang mau kenalan sama cewek tentunya, kesan pertama itu penting. Gimana dengan Dakota? menurutku ternyata mirip banget (sudah mirip banget pula) banget sama Bold pertama (9000). Apalagi kalau melihat sekilas cover depanya. Liat aja fotonya kalau ndak percaya (dikira gue memaksa anda untuk percaya he he)

perbandingan dakota 9900 dan bold 9000


Kalau kesan pertama sudah sekarang saatnya mulai lebih detail alias lebih jeli melihat, nah disinilah baru akan terlihat kelebihannya si doi. Yang pertama, dia tipisnya itu loh, Onyx aja lewat, bahkan mungkin separonya Onyx. Lagi lagi silahkan bandingkan gambar dibawah ini (daripada anda tidak percaya) kanan Onyx kiri dakota.

Perbandingan onix dan dakota


Tapi dari sisi besar penampang, memang Dakota lebih besar dari Onyx. Kayaknya sih sama dengan Bold yang 9000, tetapi ada keuntungannya yakni keypad dan layar lebih besar sehingga kalau ngetik berasa lebih enak apalagi buat yang kepalanya gede eh jempolnya yang gede...

Jadi secara sekilas dari sisi penampilan, tidak ada kesan yang ekstrem berbeda dengan jenis BB lain, palingan kerasa bagusnya kalo disentuh dan dipegang karena langsingnya. Buat yang merasa ‘tampang’ hape harus cantik dan lebih dari sekedar langsing, kayaknya siap-siap kecewa dweh, kalau saya pribadi sih ndak penting penting amat soal ini.
blackberry abold 9900 Dakota


Sekarang kita liat yang lebih teknis

Sistem Blackberry Bold 9900 sudah mengadopsi touch screen sama dengan Torch, yang unik mungkin karena ini bukan sliding, jadi awalnya rasanya aneh keypad full tapi screen di atasnya bisa touch. Jadi dirancang memfasilitasi anda yang suka pencet-pencet sekaligus sentuh-sentuh halus. Demikian juga dengan OS yang ditanam di dalamnya sekilas, tampilannya berasa sama dengan Torch. Agak mirip Android, menu bisa sembunyikan di bawah, tinggal pake jempol (tangan lho bukan kaki) digeser ke atas. Terasa halus deh mungkin karena prosesornya aja 1.2 Ghz!! (setara komputer p4 jaman dulu) lambat kalau untuk PC tapi salah satu yang tercepat untuk smartphone saat ini (kayaknya lho ya ...blm mengukur yang lain soalnya)

Kalau soal berselancar alias browsing sepertinya standar aja deh, walaupun konon browser di OS 7 lebih cepat dari OS 6, bahkan 100% lebih cepat dari OS 5 (ya iyalah ....). Masalahnya bro, speed kan tergantung operator juga jadi kalau browsing lambat jangan buru-buru nyalahin perangkatnya tapi salahkan juga operatornya.

Kamera udah lumayan lho sudah 5 MP, palagi kalau cuma buat foto-foto narsis buat dipacang di profil facebook rasanya dah lebih dari cukup. bahkan ada fasilitas ‘face detection’ segala lho,pokoknya udah kayak kamera pocket canggih.walaupun tanpa "autofocus". nah fasilitas foto yang cuma 5 Mp ini agak ketutup dengan kualitas videonya karena sudah menggunakan HD (High Definition) 1280 x 720.

Apalagi ya...? ehm oh ya memory internal dah ada lumayan gede kok 8 GB masih bisa ditambah microsd kalau kurang. Asesori lainya ya standard lah macem kabel usb,charger dan battery.

jadi kesimpulanya ......silahkan menyimpulkan sendiri saja yah kan dah bisa baca (lho apa hubunganya)


0 komentar:

Post a Comment