Friday, June 8, 2012

Nokia Drive, Aplikasi Pemandu Perjalanan Yang Handal

NOKIA DRIVE- Nokia memang tidak selaris dulu (bersaing dengan android, iphone dan tentu saja Blackberry serta tentu saja samsung galaxy S III). Namun bukan berarti Nokia sudah habis, nokia terus berinovasi untuk kembali berjaya di pasar. Salah satu yang paling menarik dari Nokia adalah karena aplikasi Nokia Drive-nya yang mantab.
nokia drive

Nokia drive tidak hanya sekedar aplikasi yang menampilkan peta secara digital, tapi sebuah pemandu perjalanan digital yang sangat bisa diandalkan dimanapun kita berada.

pemandu digital Nokia tidak sekedar mengandalkan GPS yang terbenam di perangkat karena salah satu kehebatan aplikasi ini adalah pemandu digital Nokia ini bisa diunduh secara gratis, untuk kemudian digunakan secara offline! Artinya, tidak seperti yang terdapat di iOS aplikasi ini dioperasikan oleh peta digital yang telah tersimpan di dalamnya.

Peta hampir semua negara sudah tersedia. Tentu saja ukuran filenya berbeda  setiap negara, tergantung dari luas negara dan ruas jalan yang sudah terekam di dalamnya(kebanyakan di atas 100 MB). Tampaknya Nokia sangat serius menggarap peta digitalnya sendiri sehingga tidak lagi mengandalkan peta buatan Google misalnya. Selain bisa diakses lewat internet di http://maps.nokia.com juga bisa diunduh secara gratis ke dalam ponsel.
tampilan nokia drive

Sebagai perangkat pemandu jalan Nokia Drive sangat komunikatif sehingga memudahkan user menemukan dan mencapai sebuah lokasi atau alamat tertentu. Bahkan tampilan komunikasi yang dihadirkanpun tidak sekedar dalam bentuk visual tiga dimensi, tapi juga dalam bentuk suara. Alhasil, anda tidak perlu terus melihat ke layar ponsel, karena ada suara wanita yang selalu memberi petunjuk dengan memberi aba-aba dan perintah di setiap persimpangan jalan.

Jika anda dari jakarta dan hendak pergi ke bandung. Sebelum berangkat, anda membuat rute perjalanan dari Jakarta. Dalam sekejap, Nokia Drive telah menampilkan posisi kendaraan dan tampilan jalan tiga dimensi yang harus dilalui, dilengkapi dengan total jarak tempuh dan waktu tempuh.

Nokia Drive awalnya akan memberikan rute biasa, Tapi jika anda tidak mengikuti arahan maka pemandu wanita di dalam aplikasi langsung mengatakan “pengaturan ulang rute”, dan sesaat kemudian rute baru ditampilkan.

Selain penunjuk jalan ternyat aplikasi ini juga mencatat kecepatan kendaraan yang sedang anda bawa. Selama dalam perjalanan, aplikasi selalu memberikan aba-aba saat saya harus masuk tol, pindah jalur tol atau keluar tol. Kalau sudah waktunya belok, dia akan bilang, “Sekarang belok kanan.”

Nokia Drive di tangan, semua urusan jalan jadi lancar. Anda hanya perlu memasukkan lokasi yang dituju. Kalau lokasi yang dicari tidak ada, tinggal menggantinya dengan mencari nama jalan di mana tempat itu berada.

kalaupun anda tersesat atau salah masuk, si aplikasi akan membuatkan rute baru. Biasanya yang dibuat adalah rute memutar sampai saya bertemu dengan jalan sebelumnya. Atau dia akan membuat rute baru menuju lokasi yang dituju.

Nokia drive juga dapat memberikan gambaran kondisi lalu-lintas dan tingkat kemacetan jalan yang akan dilalui. Tapi layanan ini memerlukan akses internet. Karena saya belum pernah mencoba fitur ini, saya tidak tahu seberapa akurat hitungan kemacetan yang bisa dihitung dan ditampilkan di layar.

Lalu saat hendak pulang ke rumah, anda tinggal menekan tombol “Pulang” atau “Home” untuk menampilkan rute menuju Jakarta, sampai tiba kembali di rumah.

Aplikasi ini sudah bekerja dengan baik di ponsel sistem OS Symbian Belle yang terdapat di smartphone Nokia C7 (mungkin bisa dicoba pula dengan windows 7 mungkin). Nokia Drive akan mendampingi perjalanan anda kemanapun anda pergi terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya hingga Makassar.

0 komentar:

Post a Comment