Thursday, June 7, 2012

Tips Mempercepat Kinerja OS Windows 7

Tips Mempercepat Kinerja OS Windows 7 - Saat ini penggunaan komputer baik pc maupun desktop nyaris tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebagian besar komputer itu menggunakan OS buatan perusahaan software milik Bill gates Microsoft. Yang paling populer saat ini kalau tidak Windows XP kemungkinan adalah Windows 7 ( baca: windows seven). Windows xp dah termasuk OS lawas jadi kebanyakan saya yakin rata-rata pemakai windows 7. Untuk itulah kali ini kita akan membahas tips bagaimana mempercepat kinerja OS windows 7 di komputer kita.
windows 7 icon

Dibawah ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mempercepat Windows seven anda :

1. Memaksimalkan Ruang hard disk.

Seperti halnya gadget lain seperti Galaxy S III atau iPAD 3 salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja komputer adalah Ketersediaan memory dalam hard disk. PC ataupun laptop kita akan menjadi makin lambat jika memory sudah menipis. Salah satu yang menyebabkan kapasitas hard disk berkurang adalah adanya point system restore (PSR). Biasanya point system restore dibuat pada saat ada perubahan pada windows. Nah, semakin banyak point restore yang dibuat maka kapasitas hard disk akan berkurang. Repotnya lagi PSR tetep diperlukan di kompie kita karena system restore ini juga berguna suatu saat windows terjadi error. Untuk itu agar tidak selalu menghapus point restore yang sudah terlalu lama, maka sebaiknya kita atur kapasitas hard disk yang akan digunakan sebagai restore point.

berikut tahapanya :

- Klik kanan [Computer] > pilih [Properties] > klik [System Protection] > klik pada tombol [Configure]> lalu atur kapasitas hard disk yang akan digunakan. Jangan terlalu besar, kira-kira 5-10 % dari kapasitas hard disk yang tersisa sudah lebih dari cukup. klik OK

2. Matikan efek-efek yang tidak perlu, setting best performance

windows 7 memang banyak mengandung animasi. Keberadaan animasi ini membuat komputer atau laptop kita menjadi lambat.

cara untuk menonaktifkan visual effect dari windows 7.
- Klik kanan pada [Computer] > klik [properties] > klik [Advance system setting] > pada bagian performance klik tombol [setting] sehingga muncul jendela Performance Options. Klik[adjust for best performance]. (hilangkan semua tanda centang, kecuali pada dua opsi paling bawah). kemudian klik [OK]
desktop windows 7


3. Fitur-fitur yang jarang dipergunakan sebaiknya dimatikan

- Non aktifkan Aero Peek.

Aero peek berfungsi untuk membuat transparan jendela yang sedang terbuka. Untuk menonaktifkan fitur ini dengan cara : Klik kanan pada [taskbar] > klik [properties] > hilangkan tanda centang pada “ use aero Peek to preview desktop”
- Nonaktifkan Aero themes.

Klik kanan [desktop] > klik [personalize] > pilih [windows 7 basic]. tutup jendela personalize.

- Nonaktifkan aero shake.

Fitur ini membuat minimise otomatis jika kita membuka lebih dari satu jendela, jika kita menggerakan salah satu jendela maka secara otomatis jendela yang lain akan di minimize. Untuk mematikan fitur aero shake ini dilakukan dengan cara :

- Buka group policy editor dengan cara klik tombol [start] kemudian ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda”) kemudian tekan [enter].

- Setelah muncul halaman local group policy editor, masuk ke [User Configuration] >[administrative template] > [desktop]. Pada jendela sebelah kanan klik ganda “ turn off aero shake windows minimizing mouse gesture” > pilih [enable] dan klik [OK].

-Mematikan aero snap

Cara mematikan aero snap adalah :

Masuk ke [control panel], Klik [ease of acces] > klik [ease of acces center] > klik[Make the mouse easier to use]
o Beri centang pada “Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen”. Klik OK.

4.  Sebulan sekali lakukan defragmentasi hard disk caranya:
[Start] > [all program] > [Accessories] > [System tools] > [disk defragmenter]. Pilih salah satu drive kemudian klik [defragment].

5.  Nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu dijalankan pada saat startup.
[Start] > ketik “msconfig” tekan [enter] > Klik pada tab [startup] > hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diperlu dijalankan saat startup. Klik OK.
trik windows 7

6. Nonaktifkan service yang tidak diperlukan

[Start] > ketik “services” (tanpa tanda “) > tekan [enter]. Klik kanan pada service yang mau dinonaktifkan kemudian klik [properties]. Klik [disable] jika ingin service tidak selalu dijalankan pada saat windows dinyalakan, atau klik [stop] untuk mematikannya. Klik [OK].

7. Nonaktifkan gadget yang tidak perlu di desktop.

Untuk menonaktifkan gadget pada windows 7 dilakukan dengan cara : [Start] > [Control Panel] >[Programs] >[Turn Windows features on or off ]> hilangkan centang pada “Windows gadget platform > Klik [OK].

8. Menggunakan semua core untuk booting.

Komputer dengan prosesor banyak core, sebaiknya menggunakan semua core pada saat windows booting. Untuk mengatur agar semua core dipakai saat windows boot dapat dilakukan dengan cara :

- Masuk pada system configuration dengan cara klik [start] kemudian mengetik “msconfig”, lalu tekan [enter]
Klik tab [boot] > pilih [system operasi windows 7].
- Klik tombol [advanced options], sehingga muncul kotak dialog boot advance option, beri centang pada [Number of processor] kemudian pilih jumlah processor.

9.  Jika anda pengguna aktif internet, buat browser favorit anda dengan sedikit mungkin addons (mozilla Firefox). Karena addons yang terpasang juga membutuhkan ruang di memori.

Demikian tips yang dapat anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer dengan OS windows 7. Semoga tips ini bermanfaat untuk menunjang kegiatan anda sehari-hari dengan komputer di rumah atau di kantor. Jangan hanya nonton film the avengers atau Indonesia idol aja di pc yah he he

0 komentar:

Post a Comment