Tuesday, June 12, 2012

Makanan Yang Bermanfaat sebagai Obat Kolesterol

Istilah kolesterol sangat akrab di telinga kita. Obat kolesterol pun sangat laris . kolesterol adalah sejenis “Lipid” atau lemak tubuh yang bermanfaat untuk membikin hormon, kegiatan membran sel, asam empedu, menyerapan vitamin serta membantu dalam kerja impuls saraf. Besar kecilnya kandungan kolesterol dalam darah sangat dipengaruhi makanan yang kita makan sehari-hari. Apabila kita makan makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol tinggi akan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dalam sistem kardiovaskuler.


bagan penyebab kolesterol

salah satu obat kolesterol
salah satu obat kolesterol di pasaran
gorengan berlemak salah satu penyebab Kolesterol

Berapa banyak kandungan kolesterol dalam darah bisa dijadikan sebagai acuan. Ukuran normal kolesterol dalam darah adalah kurang dari 5 mmol/liter. Jika kolesterol darah berada pada level 5-6,5 mmol/liter maka cara paling mudah untuk menguranginya adalah dengan diet. Jika kolesterol berada lebih dari 6,5 mmol/liter maka harus menurunkan dengan meminum obat kolesterol atau melakukan pengobatan ke dokter.

Dalam dunia kesehatan dikenal ada 2 jenis Kolesterol yakni :

-  High-Density Lipoprotein (HDL) atau disebut kolesterol baik yang dapat menghilangkan kelebihan LDL dalam darah sehingga membantu mencegah penyakit jantung dll.

-  Low-Density Lipoprotein (LDL) atau disebut kolesterol buruk yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Untuk menghindari kolesterol tinggi dan juga mencegah penyakit jantung, sebenarnya tidak cuma dengan obat kolesterol yang beredar dipasaran.tip-tip berikut ini sangat bermanfaat untuk anda menghindari kolesterol tinggi dengan alami :

1. Ini yang paling sulit dilakukan orang Indonesia yakni menghindari makanan yang berlemak atau mengadung banyak lemak seperti jeroan, udang, kerang, margarin, keju, daging, santan, dll. karena hampir semua masakan kita mengandung bahan-bahan diatas. Jadi kalau tidak bisa sepenuhnya menghindari minimal mengurangi konsumsi jenis makanan diatas.

2.  Rutin berolahraga
Kolesterol yang berada didalam tubuh tidak bisa keluar dari tubuh secara alami. Oleh karena itu, kita harus mengeluarkannya dengan rajin berolahraga supaya kolesterol keluar bersama keringat yang kita keluarkan. Dengan olahraga disamping memperindah dan juga dapat menyehatkan tubuh. 30 menit sehari secara rutin sudah cukup  untuk mengeluarkan kolesterol dari badan.

3.  Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol atau yang mengandung banyak HDL. Memperbanyak konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C karena vitamin C berfungsi untuk penyeimbang kolesterol.

Tidak semua makanan dapat mengurangi kolesterol, berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi resiko kolesterol tinggi:

1.  Ikan
Ikan dikenal karena banya mengandung Omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol juga dapat mencegah pengumpulan keping-keping darah yang bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Berikut ikan yang paling banyak mengandung Omega 3 adalah:

-  ikan tenggiri (2,6 gram/100 gram)

-  kembung (2,2 gram/100 gram)

-  tuna (2,1 gram/100 gram)

-  makarel (1,9 gram/100 gram)

2.  Tempe dan Tahu
tahu tempe
Tahu tempe mencegah Kolesterol

kacang kedelai bahan tempe dan tahu, mengadung “Niacin” dan Isoflavon yang mampu menurunkan kolesterol. Namun karena melewati proses pengolahan sehingga tempe dan tahu mengandung 5x lebih banyak Niacin daripada kacang kedelai.

3.  Apel
Buah Apel mengandung Serat baik

buah Apel kaya akan serat, anti oksidan, dan vitamin C. dengan serat yang terdapat pada apel berfungsi mengeluarkan kolesterol buruk melalui BAB. Selain buahnya, kulit apel juga kaya akan Zat Pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol buruk. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi apel beserta kulitnya.

4.  Alpukat
Alpukat sangat bermanfaat menetralisir Kolesterol

Alpukat memang dikenal sebagai buah yang banyak mengandung lemak. Namun lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah lemak baik yang dapat menetralisir kolesterol buruk pada darah.

5.  Bawang putih
bawang putih anti kolesterol

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung Ajoene yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi bawang putih setiap hari akan mengakibatkan diare, sebah, pendarahan lambung, dan demam. Maka dari itu dianjurkan -agar mengkonsumsi bawang putih hanya ½ - 2 siung bawang putih.

6.  Teh
Teh pancegah Kolesterol

Menurut para ahli, teh mengandung komponen bioaktif yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah. Sehingga minum segelas teh setiap hari sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

7.  Anggur
buah anggur

Kita dianjurkan untuk minum jus anggur 2 gelas/hari. Karena selain mengadung serat yang banyak anggur juga mengadung Zat Catechin yang baik untuk menurunkan kolesterol buruk didalam darah.

8.  Minyak Zaitun, Minyak Kelapa, dan Minyak Biji Rami.
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak zaitun sangat baik sebagai bahan pelengkap saat diet karena mengandung senyawa yang baik untuk mengurangi kolesterol buruk (LDL). Sedangkan minyak kelapa yang alami dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol buruk (LDL). Untuk minyak biji rami atau Flaxseed oil dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada pria dewasa.

9.  Tomat
buah Tomat

Minum 2 gelas setiap hari buah tomat dapat menurunkan kolesterol buruk secara signifikan hanya dalam waktu 2 minggu, karena tomat mengandung banyak vitamin C, serat, dan anti oksidan yang tinggi.

Bila olahraga teratur sudah dilakukan serta makan-makanan anti kolesterol yang sudah dianjurkan diatas maka anda akan dapat terhindar dari penyakit tanpa obat kolesterol sekalipun. Semoga bermanfaat, terima kasih

0 komentar:

Post a Comment