Monday, June 11, 2012

Antara Android dengan iOS (iphone)

Walaupun sudah banyak orang yang menggunakan tetapi mash banyak pula orang yang bertanya -tanya apa sih bedanya android dengan iOS (iphone)? apa kelebihan dan kekurangan masing-masing. disinilah akan diterangkan secara garis besar. 
Android vs Apple

Tidak dapat dipungkiri untuk saat ini pasar ponsel, mungkin dikuasi oleh 2 ini yakni android dan iOS, atau paling tidak 2 itulah yang paling populer. Pasar ponsel indonesia maupun dunia yang cukup lama dikuasi oleh Nokia akhirnya tergeser oleh dominasi Samsung dan Apple. Mungkin banyak diantara pembaca yang bingung, mau beli samsung galaxy yang memakai android atau beli iphone, gadget besutan Apple yang memakai iOS. 
boneka android keren

Perbedaan utama paling mendasar dari kedua platform ini adalah kalau android bersifat open source, yaitu user bisa mengotak-atik dengan bebas sesuai keperluan kita walaupun butuh kemampuan khusus untuk membuatnya sementara iOS seperti halnya windows dari microsoft bersifat tertutup, kita sebagai pengguna tidak bisa memakai tanpa bisa mengotak-atik, semua kebutuhan aplikasi sehari-hari kita sudah disediakan pihak apple sebagai developer. jadi android lebih fleksibel dalam hal ini. 

Untuk urusan aplikasi pendukung, iphone lebih unggul, karena jumlah aplikasi yang terdaftar di apple appstore mencapai lebih dari 600.000 aplikasi, sedangkan jumlah aplikasi di android market, kurang lebih baru sekitar 500.000 an aplikasi. tapi banyak orang memperkirakan, jumlah aplikasi android akan lebih cepat berkembang karena tidak seperti di apple appstore, tidak ada system review di android market. semua aplikasi yang dibuat akan bisa langsung di publish ke android market, sebaliknya Apple lebih selektif apabila kita membuat aplikasi untuk iphone atau ipad, karena kita harus menunggu tahapan review system,baru dipublish di apple appstore. Walaupun lebih ribet tapi keamanan buat pengguna lebih terjamin di banding aplikasi android yang tidak melalui review system, jadi keamanan aplikasi android lebih rawan penyimpangan ataupun malware. 

Kesimpulanya, kalau di bandingkan nih antara iOS dan android itu perbedaan utamanya hanya soal fleksibilitas untuk nguprek. yang satu dibuka yang satu ditup tinggal pakai itu saja.Diluar itu sebagian orang memilih OS itu berdasar dengan “kefanatikan” mereka, ada orang-orang yang fanatik dengan android, dan ada orang-orang yang “cinta” mati dengan produk-produk dari apple, terlebih dengan inovasi ponsel-ponsel modern elegant ala Apple seperti iphone 4 S atau tablet ipad 3 yang berbasis iOS. 

Artinya, buat kamu-kamu yang tidak suka sama yang ribet-ribet dan membingungkan, dan menyukai tampilan yang elegant, iOS adalah pilihan tepat bagi anda. Namun bagi anda yang suka agak ribet, seneng tantangan,menguasai sedikit programing maka ponsel-ponsel android dengan aplikasi androidnya bisa jadi pilihan utama. Jadi keputusan ada ditangan anda

0 komentar:

Post a Comment